Fotografi = Menggambar Cahaya?

Fotografi pada dasarnya adalah proses membuat gambar dengan merekam cahaya, tapi banyak yang mengaku menguasai fotografi, tapi tidak peka dan tidak mengetahui bagaimana mengunakan cahaya. Fenomena ini ibaratnya seperti pelukis yang tidak bisa mencampur cat minyak dan menuangkannya kedalam kanvas saat dia melukis.

Hal ini tidak terlepas karena kemajuan teknologi kamera digital. Kamera di jaman sekarang hampir semua yang ada memiliki mode auto atau semi auto. Dimana kita membiarkan kamera untuk memutuskan berapa cahaya yang masuk. aku gag nyalahin penggunaan teknologi yang membuat pengambilan foto menjadi lebih praktis dan akurat sesuai realitas yang ada, tapi bila kamu pengen hasil fotomu  dapat menginspirasi banyak orang, maka kamu perlu belajar melihat cahaya.

Tanda-tanda kalo kamu udah bisa melihat cahaya antara lain: Mampu melihat kontras (perbedaan intensitas cahaya dan warna) dan Mampu melihat arah cahaya (depan, belakang, samping, atas, bawah).
Sekilas, ini sederhana, tapi tanpa latihan, sulit menguasai ilmu ini. Saranku adalah letakkan kameramu, dan pergilah jalan-jalan, amati baik-baik lingkunganmu dari segi kontras dan arah cahaya. Coba visualisasikan foto yang ingin kamu ambil.

Selanjutnya, ambillah kameramu (yang ada mode manualnya). Set kamera itu ke manual (M) mode dan ambillah foto secara mengevaluasi cahaya yang ada. kenapa mengunakan mode manual ? karena di mode ini kamulah yang membuat keputusan berapa besar dan berapa lama cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.
Selanjutnya, ubahlah fotomu ke foto hitam putih. Dan dari situ, coba perhatikan apakah foto itu menarik?, bila foto tersebut memiliki kontras yang rendah, atau arah cahaya yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada, maka besar kemungkinan kamu masih belum berhasil dalam mengunakan cahaya dengan baik.


nah...
maka dari itu teruslah berlatih agara kalian bisa mendapat hasil yang bagus dan memuaskan.
seperti cahaya matahari yg tak pernah redup dalam menyinari bumi..
seperti itulah kalian tak pernah berhenti menggambar cahaya..:)
.
wasalamm...


0 komentar to "Fotografi = Menggambar Cahaya?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Saya adalah orang yang selalu ingin menggali ilmu tentang hal-hal yang menurut saya menarik. dan menurut saya hal menarik itu ada dalam ilmu MULTIMEDIA yg saya pelajari di sekolah saya.

Followers

Web hosting for webmasters